oleh

Rektor Menjamin Quality and Equality Seluruh Kampus UPI

KOTA – Rektor UPI Bandung Prof DR HM Solehudin MPd MA beserta rombongan yang terdiri para Wakil Rektor mengunjungi Kampus UPI Sumedang, Rabu (3/2).

Para Wakil Rektor yang datang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof Didi Sukyadi MA, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof Dr Agus Rahayu MP, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi dan Sistem Informasi Prof Dr Bunyamin Maftuh MPd MA dan Wakil Rektor Bidang Riset Internasional Kerjasama dan Usaha Prof Dr H Adang Suherman MA.

Hadir pula Ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI) Prof Dr H Syamsul Hadi Senen MM, Kepala Sekretariat Universitas Prof Riswanda Setiadi MA PhD, Kepala Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU) Prof Dr H Uyu Wahyudin MPd, Kepala Humas Prof Dr Deni Darmawan SPd MSi MCE, Kepala Biro Sarana dan Prasarana Drs Ahmad Tajudin MAP dan Dosen FPTK UPI yang tergabung dalam tim Paguyuban Dosen UPI asal Sumedang dan
sebagai ahli di bidang arsitektur Dr Lilis Widaningsih SPd MT.

Kegiatan kunjungan rombongan UPI Bandung dimulai dari paparan Renstra Kampus UPI di Sumedang tahun 2021-2025 yang disampaikan oleh Direktur Kampus UPI di Sumedang Prof Dr H Yudha Munajat Saputra MEd.

Menurutnya, Renstra Kampus UPI Sumedang mempunyai enam sasaran pengembangan program utama yang mempunyai
beberapa turunannya untuk lebih mempertajam dan memperjelas arah dari Rentsra Kampus UPI di
Sumedang. Keenam sasaran pengembangan program utama itu antara lain pertama Program K1: Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan, kedua Program K2: Pengembangan dan Penyebaran Hasil Riset Unggulan dan ketiga, Program K3: Penyelenggaraan dan Pengembangan KPM.

“Kemudian, keempat Program K4: Penyelenggaraan, Pengembangan, Pembinaan Mahasiswa dan pemberdayaan Alumni, kelima Program K5: Pengembangan SDM, Sapras, dan Keuangan dan keenam Program K6 : Pengembangan Tatakelola,” ujar Direktur Kampus UPI Sumedang dalam paparannya.

Kemudian, kata dia, capaian Kampus UPI di Sumedang yang sudah terlaksana yang mendukung IKU UPI dan bisa mendongkrak Rangking UPI termasuk untuk penilaian WCU diantaranya pertama HKI yang dihasilkan tahun kemarin lebih ddari 40 HKI dan targetnya masing-masing
dosen harus buat HKI setiap tahun dari jumlah dosen sebanyak 65 orang dosen.

Lalu, kedua Buku ISBN tahun kemarin sudah 42 buku yang dihasilkan yang berarti lebih dari 50% dosen dari tiap prodi menghasilkan buku ber ISBN. Selanjutnya, ketiga Dosen UPI Kampus Sumedang setiap tahun banyak menghasilkan artikel internasional terindek scopus.

“Tahun ini sudah ada kurang lebih 23 artikel jurnal yang terindek scopus yang membawa Kampus UPI Sumedang terbaik ke enam dari dari semua prodi di UPI versi sinta
(https://sinta.ristekbrin.go.id/affiliations/detail?id=414&view=departments&pt=001034),” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, keempat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program rintisan pada tahun ini untuk semua Prodi PGSD se UPI. “Kampus UPI Sumedang untuk Prodi PGSD memberikan jumlah mahasiwa terbanyak se Prodi PGSD UPI dengan jumlah 40 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah ke luar dan menerima mahasiswa dari luar sebanyak 20 orang mahasiswa,” paparnya.

Selanjutnya, kelima Jurnal PGSD kampus UPI Sumedang yaitu Mimbar Sekolah Dasar sudah terindeks SINTA3 dan akan Re-akreditasi tahun ini dengan target naik ke SINTA2. “Serta, keenam untuk program Kampus Mengajar Perintis (KMP) ada 3 orang mahasiswa dari Prodi PGSD
yang nilainya nanti dikonversi menjadi nilai PLSP,” tegasnya.

Dijelaskan, sementara untuk prioritas sarana pra sarana yang akan dibangun diantaranya, Pembangunan Laboratorium Basah dan Kering untuk bidang studi, Penutupan lapangan olahraga/DOM dan Pemenuhan fasilitas untuk Smart Class Room (SCR). “Lalu, dibangunnya asrama mahasiswa, adanya Poliklinik untuk palayanan kesehatan, adanya gedung kelas baru, adanya fasilitas Difabel serta Penyediaan Book Store,” terangnya.

Sementara, Rektor UPI Prof Dr HM Solehuddin MPd MA pada acara kunjungan kerja ini menyampaikan Rektor akan menjamin quality and equality di seluruh kampus UPI.
Termasuk, di Kampus UPI Sumedang sebagai bagian dari UPI.

Ada sepuluh hal yang disampaikan oleh Rektor UPI. Diantaranya, pertama UPI sebagai pusat keunggulan mutu bukan hanya di Kampus Bandung tetapi harus di semua Kampus Daerah, termasuk Kampus UPI di Sumedang. Kedua, menjadikan UPI menjadi kampus yang membanggakan, baik Kampus UPI di Bandung maupun Kampus UPI di Sumedang. Ketiga, dalam hal pembangunan sarana kampus, pimpinan UPI sudah mempunyai tekad harus maksimal dalam pemenuhan sarana kampus, tidak setengah-setengah apalagi asal-asalan. Keempat, perlu sinergitas dan kolaborasi bahu membahu mulai dari dosen dan tenaga kependikan dalam mendukung kemajuan kampus supaya membanggakan.

Kemudian, kelima Peningkatan SDM dosen dan tendik. Untuk dosen diharapkan supaya semua bergelar Doktor dan untuk Tendik diharapkan maksimal dalam hal pelayanan seseuai tupoksinya masing-masing. Keenam, program studi yang belum akreditasi unggul akan terus di dorong dan dibantu agar semua Program studi penilaiain akreditasinya unggul. Ketujuh, Sarana dan Prasarana di semua kelas, laboratorium dan smart class room (scr) harus sesuai standar. Kedelapan, terbitnya artikel-artike jurnal internasional. Kesembilan, Master plan dibuat sesuai dengan kebutuhan dengan teknologi yang modern serta kesepuluh dimaksimalkannya program Smart Manajemen Sistem (SMS).

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof Didi Sukyadi MA menyampaikan untuk hal akreditasi sudah dicanangkan dari sekarang mana yang akan akreditasi Nasional, akreditas BAN PT, dan akreditasi Internasional AQAS.

“Semua kaprodi diharapkan untuk mempersiapkan agar prodinya bisa terakreditasi Unggul atau AQAS,” tandasnya.

Terkait dengan Jurnal, lanjut dia, diharapkan para dosen di kampus UPI Sumedang ini untuk bisa lebih meningkatkan lagi artikelnya terindeks internasional. Dan, bagi para pengelola Jurnal mendorong agar jurnalnya bisa terindeks Scopus.

“Untuk di PDDIKTI statusnya sudah 100% untuk forlap kemahasiswaan,” tegasnya.

Warek Didi juga mendorong mahasiswa Kampus UPI di Sumedang untuk ikut lebih banyak lagi yang turut andil dalam kegiatan PKM dan Pimnas dengan dimulai diarahkan dari semester awal
oleh para pembimbingnya. Targetnya, tahun ini UPI bisa meraih 3 medali.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof Dr Agus Rahayu MP dalam mengatakan sampai akhir tahun 2020 ada 22 dosen yang sudah di proses untuk kenaikan pangkat menjadi Guru Besar yang akan terus didorong dibantu oleh Pimpinan UPI. Di Kampus UPI Sumedang sendiri ada dua dosen yang sedang proses Guru Besar. Kemudian, yang sedang studi program doktor bagi dosen dan tendik pimpinan UPI juga akan
memberikan bantuan dana.

Warek Agus juga menyampaikan untuk pengembangan SDM UPI dalam renstranya menyebut ada Profesional Development Program. Yaitu, Program Pengembangan
Profesional baik untuk dosen atupun tendik yang berorientasi pada kompetensi profesional yang
di recognisi oleh masyarakat profesi, baik bagi dosen dan tendik yang bisa bermutasi jabatan
menjadi tenaga fungsional tertentu.

Untuk mendukung sarana kelas, Warek Agus menyampaikan dari RKAT yang ada sekurang-kurangnya ada 6% anggaran untuk pengembangan laboratorium.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi, dan Sistem Informasi Prof Dr Bunyamin Maftuh MPd MA menyampaikan renstra Kampus UPI Sumedang akan di sinkronisasikan dengan renstra UPI dan bisa mendukung IKU UPI. Kemudian, RKAT akan segera di
implementasikan supaya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

Dikatakan, Pengembangan master plan Kampus UPI di Sumedang, pimpinan UPI akan membantu sesuai komitmen Rektor UPI dengan Bupati Sumedang akan membangun gedung kuliah Kampus UPI Sumedang di Cimalaka minimal tiga lantai. Dan, pengembangan keindahan kampus akan segera dilakukan.

Wakil Rektor Bidang Riset, Internasional, Kerjasama, dan Usaha Prof Dr H Adang Suherman MA menyampaikan keberhasilan UPI tergantung juga atas keberhasilan Kampus UPI
Daerah, termasuk dari Kampus UPI di Sumedang dimulai dari Renstranya.

Menurutnya, Renstra di bidang Riset, Internasional, Kerjasama, dan Usaha dalam pencapaiannya dibagi menjadi lima unit pelaksana. Dalam bidang kolaborasi publikasi artikel, sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi supaya para dosen di UPI bisa berkolaborasi dengan para dosen di perguruan tinggi tersebut.

“Terkait IGU Universitas kedepan akan berusaha supaya IGU Universitas bisa bertambah dengan bergulirnya BUMK,” tegasnya. (rls/adv) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed